Rabu, 14 September 2016

festival musim panas





Perayaan atau festival yang ada dijepang disaat musim panas. Disetiap musim ada festival yang menarik. Dan kali ini akan berbagi cerita tentang festival yang ada di Jepang pada musim panas. Di jepang musim panas disebut Natsu. Natsu berlangsung selama 3 bulan karena di Jepang terbagi menjadi 4 musim. Dan ada yang unik yaitu ada hujan di saat musim panas. Yang disebut tyusu. Musim hujan ini hanya berlangsung sekitas 1 bulan dan ada bunga yang hanya muncul ketika musim hujan yaitu bunga hydrangea atau orang Jepang menyebutnya Ajisai. Bunga ini berwarna warni dan yang menyebabkan warnanya berbeda-beda adalah tingkat keasaman atau PH tanah.
Banyak perayaan yang diselenggarakan disaat musim panas,dan musim panas ini disukai anak sekolah  Karena inilah saat yasumi atau libur musim panas dimulai. Libur musim panas di Jepang merupakan libur panjang bagi.

Berikut beberapa (festival)  yang ada saat musim panas di Jepang:

a. Tanabata 「七夕
Berlangsung pada tanggal 7 Juli hanya saja upacaranya malam hari pada tanggal 6 Juli. Dikenal dengan festival Bintang. Yang menjadi menarik di festival ini adalah adanya pohon bambu untuk menggantungkan harapan. Sering dijumpai di Bunkasai (perayaan atau festival) yang diadakan di beberapa universitas di Indonesia. permohonan di tulis pada tanzaku atau secarik kertas berwarna-warni pada tanggal 6 malam atau tanggal 7 pagi di bulan Juli. Kemudian kertas itu digantungkan di ranting daun bambu, maka sering disebut pohon harapan. Biasanya di puncak acara pohon harapan akan dihanyutkan ke laut.

b. Obon
Berlangsung pada tanggal 15 Juli. Pada saat festival ini, biasanya orang-orang menyambut kedatangan arwah leluhur mereka yang telah tiada dengan membacakan sutra oleh pendeta Buddha. Tapi yang menarik saat festival ini adalah bon odori, yaitu menari bersama. Dulu tradisi dari festival ini sangat terasa, namun seiring zaman sudah sedikit berkurang. Festival ini tidak hanya dilakukan di sekitar kuil saja.

c. Hanabi
Di Jepang saat musim panas, maka kita bisa datang ke acara Natsu Matsuri atau Summer festival. Di sana kita bisa menemukan orang-orang menari Bon Odori, permainan menangkap ikan mas atau disebut kingyousuki, dan tentu saja, kembang api atau Hanabi!

Cukup sampai disini informasi yang saya ketahui dan bagikan tentang Natsu di Jepang, jika ada informasi yang salah mohon maaf ya...
Semoga posting ini bermanfaat.
Jika ada yang pernah menikmati musim panas di Jepang, bisa ditambah infonya melalui komentar. Doumo.



referensi : virgopramesthy
                 cooluchimizu

0 komentar:

Posting Komentar