Jumat, 09 September 2016

Belajar Bahasa Jepang bagi Pemula (angka)






Denwa bangou
Sebelum membahas lebih detail tentang menyatakan ataupun menanyakan nomer handphone ataupun telepon. Mari terlebih dahulu kita mengenal angka dalam bahasa jepang:






tatle kudasai ( angka )
0= zero
1= ichi
2= ni
3= san
4= shi/ yon
5= go
6=roku
7=shichi / nana
8= hachi
9=kyuu / ku
10=juu
1-10 saja terlebih dahulu karena untuk menyatakan no telepon dibaca satu persatu bukan puluhan ataupun ratusan. Perhatikan di angka 4 dan 9, angka tersebut memiliki dua penyebutan angka yaitu 4 yon atau shi dan 7 shichi atau nana. Untuk menyebutkan nomer mari kita gunakan yon untuk angka 4 dan shichi untuk angka 7. Mari kita masuk ke pola kalimat:
Menyatakan nomer telepon
Rei : Contoh 085-085-976-987desu
(-) = dibaca no
Dalam menyebutkan nomeo telepon dibaca per 3 angka dan diselingin dengan no. Ini memudahkan si pendengar untuk mencatat nomor.  Cara menbaca nomor 085-025-936-981 desu= zero hachi go no zero ni go no kyuu san roku no kyuu hachi ichi desu
Nan ban ? “ berapa nomernya”
Doko = dimana

Pola kalimat 1
 Menyatakan no telpone
Denwa bangou wa  KB ( no.tlp) desu
Rei : denwa bangou wa 085-333-543-123 desu

Pola kalimat 2
Menanyakan no telepon
A: denwa bangou wa nan ban desu ka
B: denwa bangou wa KB(no.tlp) desu
Rei :
A: denwa bangou wa nan ban desu ka
B: denwa bangou wa 085-333-543-123 desu

Bahasa jepang handphone atau hp adalah keita denwa. Dan bagi orang jepang hp itu dinamakan atau diistilahkan keitai saja. Sedikit cerita tentang hp dijepang. Siswa di Jepang sangat menyukai keitai yang dimiliki bisa ditampilkan didepan teman-temannya dengan tampilan yang berbeda serta unik lho. Dan mereka menghiasi hp mereka dengan batu manik-manik sehingga tampilannya menjadi lucu serta unik. Untuk menghubungi teman-temannya mereka lebih suka menggunakan email karena terdapat banyak gambar-gambar lucu. Dan email lebih hemat dibandingkan dengan menelpon. Keitai bagi siswa jepang sangat penting saya rasa bukan hanya jepang bagi siswa indonesia pun juga penting hehe. Oke kita kembali ke topik. Kemanapun mereka pergi, keitai menjadi temannya. Tentu mereka akan saling memamerkan penampilan keitai kesayangannya yang telah didekorasi dengan lucu. Agar tidak sama dengan milik temannya. Bagaimana dengan Anda ? tertarik untuk mendekorasi keitai Anda agar terlihat lucu dan unik?
Sampai disini dulu, untuk penyebutan angka diatas 10 akan dibahas dilain waktu. Jangan bosan-bosan mampir ke blog ini. Semoga bermanfaat.


 
ありがとうございます
referensi : gambar.com

0 komentar:

Posting Komentar