Rabu, 07 September 2016

Daftar Suku Kata Bahasa Jepang (KATAKANA)



Ketemu lagi nih. Setelah kemarin membahas hiragana kali ini yang dibahas yaitu katakana.  Masih ingat apa itu katakana ?? katakana digunakan untuk menulis kosa kata yang bukan asli jepang atau kata serapan bisa juga untuk menulis kata yang ingin ditegaskan dalam suatu kalimat.
Seperti hiragana katakana pun terdiri dari 46 huruf jepang. Dan tidak ada huruf yang berdiri sendiri kecuali a,i,u,e,o dan n.



Jreeeng inilah huruf katakana
 ア = a
= i
= u
= e
= o
= ka
= ki
= ku
= ke
= ko
= sa
= shi
= su
= se
= so
= ta
= chi
= tsu
= te
= to
= na
= ni
= nu
= ne
= no
= ha
= hi
= fu
= he
= ho
= ma
= mi
= mu
= me
= mo
=  ya

= yu

= yo
= ra
= ri
= ru
= re
= ro
= wa



= wo
= n/m


jika penulisan G maka menggunakan K di tenten (“).  D maka menggunakan T di tenten. B menggunakan H di tenten. Dan P menggunakan H di maru (o). Seperti hal yang hiragana, namu di katakana ada yang spesial yang tidak ada di hiragana. Mari kita simak tabel di bawah ini.
シェ = she
チェ = che
ジェ = je


ツァ = tsa
ツェ = tse
ツォ = tso


ファ = fa
フィ = fi
フェ = fe
フォ    = fo

ウィ = wi
ウェ = we
      = wo


     = ti
      =  di



ヴァ = va
ヴィ= vi
      = vu
ヴェ    =  ve
ヴォ   = vo
     = tu
     = du
イェ  = ye



Contoh :
 トイレ= Toire (ditulis menggunakan katakana karena toire merupakan kata serapan dari kata toilet)
Menulis nama orang contoh selvi karena di penulisan huruf jepang tidak mengenal huruf L  (orang jepang susah untuk melafakan huruf L) maka berubah menjadi R dan juga tidak mengenal konsonan yang berdiri berdiri sendiri tanpa vokal maka ditambahi U. Dan orang jepang susah untuk melafalkan huruf V, dan huruf V menjadi B .Yang semula selvi maka menjadi serubi (セルビ) bi berasal dari huruf hi yang di beri tenten (“).
スミ = sumitto (jika ada konsonan double maka ditulis menggunakan tsu= kecil)
Itulah sedikit gambaran tentang katakana. Dan sekarang mari kita bahas sedikit tentang kanji.
                Sebenarnya kanji itu berasal dari aksara tionghoa. Berawal dari barang-barang yang diimpor dari tionghoa. Dan sejak itu aksara tionghoa banyak digunakan untuk menulisa di jepang. Untuk pengucapan  satu aksara kanji bisa memiliki cara membaca yang berbeda-beda, dan tidak jarang satu bunyi dilambangkan oleh aksara kanji yang berbeda-beda. Aksara kanji memiliki dua cara pengucapan yaitu Tionghoa (on’yomi) dan ucapan jepang (kun’yomi).
Mari kita bahas ucapan jepang (kun’yomi) . kanji tidak diucapkan menurut pengucapan orang Tionghoa melainkan menurut pengucapan orang Jepang. Dan aksara kanji itu tidak hanya 46 seperti halnya hiragana ataupun katakana, tetapi aksara kanji berjumlah ribuan.
Kanji ini menurut saya unik karena menyerupai simbol contoh kawa yang berarti sungai bentuk kanjinya menyerupai bentuk sungai yaitu garis garis senyak 3 garis.
huruf alphabet dijepang disebut huruf romaji. Kali ini kita sudah membahas 3 hal yaitu katakana,kanji dan romaji.  Semoga bermanfaat.


ありがとうございます

0 komentar:

Posting Komentar