Senin, 12 September 2016

IRASSHAIMASE



 
Itulah ungkapan yang pertama kali diucapkan pada saat masuk ke restoran jepang. Dinegeri matahari terbit, kata tersebut merupakan kata yang sering dipakai oleh pelayan toko untuk memberi sambutan kepada para customer-nya . “Irasshaimase” hampir tidak pernah dipakai di kantor-kantor pelayanan umum, bank, kantor pos, juga oleh pribadi ketika menyambut seseorang. Ungkapan lain yang juga berarti “Selamat datang” adalah Irasshai dan youkoso.



Dan berikut ini macam-macam rumah makan yang ada di jepang.
Kaiten-zushi. Kaiten berarti berputar dan zushi berarti sushi. Jadi kaiten-zushi adalah sushi yang berputar. Sebenarnya apa sih kaiten-zushi? Kaiten-zushi adalah rumah makan yang menjual sushi di atas piring kecil yang diletakkan di ban berjalan. Sehingga sushi akan lewat didepan pengunjung. Dan pengunjung dapat mengambil sushi yang mereka inginkan.
Lalu bagaimana dengan minumannya? Biasanya disediakan gelas dan teh celup yang merupakan teh hijau. Air panasnya didapatkan dari kran air panas yang terdapat di tempat duduk pengunjung. Dan pengunjung dapat minum teh hijau sepuasnya.     
Ada rumah makan cepat saji yaitu osoba-ya-san. Dan rumah makan ini diperuntukkan bagi masyarakat jepang yang tidak sempat untuk sarapan. Lebih tepatnya rumah makan ini menjual bekal untuk mereka yang berpergian. Rumah makan ini sering dijumpai di pengguna kereta.
Ada lagi rumah makanyang cukup unik yaitu tachigui-soba. Adapun cara untuk masuk ke rumah makan ini yaitu pertama kita akan memasukkan uang kedalam mesin tiket. Kemudian memilih dan menekan tombol makanan yang akan dibeli. Lalu mesin akan mengeluarkan bukti pembayaran yang kemudian diserahkan kepada pelayan. Karena rumah makan ini diperuntukkan orang-orang sibuk, maka kursi tidak dipelukan sehingga meeka makan sambil berdiri.
Dan satu lagi rumah makan yang terkenal dan enak hidangannya. Pada umumnya para pengunjung ela antri sampai ke jalanan demi mendapatkan makanan favorit mereka. Salah satu rumah makan tersebut adalah restoran yang menjual ramen (mie kuah), dikenal dengan nama ramen-ya-san.apakah kalian sudah pernah makan ramen?
Dijepang saat hendak makan mereka mengucapkan “Itadakimasu” artinya selamat makan dan “Gochisousama” artinya terima kasih untuk makanannya.
Nah itulah gambaran sedikit tentang restoran di jepang. Semoga bermanfaat.

ありがとうございます

0 komentar:

Posting Komentar