Minggu, 11 September 2016

FESTIVAL

Perayaan/festival apa saja yang pernah Anda lihat? Nah kali ini kita akan membahas sedikit tentang perayaan atau festival yang ada di Jepang.


Jepang adalah negara dengan 4 musim yang mempuyai berbagai perayaan yang unik dan beragam. Perayaan dalam bahasa jepang disebut matsuri.

 Dan adapun maksud diselenggarakan matsuri (perayaan) ini adalah mendoakan untuk keberhasilan panen, kesuksesan bisnis, kesembuhan terhadap suatu penyakit, keselamatan dari bencana dan juga mempunyai makna sebagai ucapan terima kasih atas keberhasilan menyelesaikan suatu pekerjaan yang berat. Matsuri juga diadakan untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal. Tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas, waktu pelaksanaan serta makna yang berbesa-beda sesuai dengan tujuan penyelenggaraan matsuri tersebut.
Pada penyelengaraan matsuri hampir selalu ditemui prosesi atau arak-arakan membawa omikoshi. Apa sih omikoshi? Omikoshi adalah replika kuil shinto. Omikoshi ini besar dan berat sehingga untuk memanggulnya membutuhkan balok kayu yang kuat serta serombongan laki-laki yang mengenakan baju atasan yang disebut happi dan ikat kepala yang disebut hachimaki. Ketika mengarak omikoshi mereka dengan kompak meneriakkan yel-yel wasshoi wasshoi sambil berjalan mengelilingi kuil shinto dan sekeitarnya.

Adalagi perayaan yang di sebut tori no ichi yaitu perayaan yang sangat terkenal dijepang. Perayaan ini berlangsung setiap tahun pada bulan November. Pada tori no ichi biasanya menjual makanan tradisional dan ada juga mainan. Seperti halnya pasar malam yang ada di indonesia. Dan ciri khas dari perayaan tori no ichi adalah banyak toko-toko tempat penjualan kumade. Apa itu kumade? Kumade adalah suatu benda yang digunakan untuk simbol atau lambang keberuntungan.
Itulah sedikit gambaran tentang perayaan di Jepang. Masih banyak lagi perayaan-perayaan di setiap musim. Lain waktu akan dibahas disini.  Jangan bosan untuk berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.



ありがとうございます

0 komentar:

Posting Komentar